Pemerintah Kota Gorontalo Terapkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK ) Terpusat.

 

Langkah maju Pemerintah Kota Gorontalo menjelang 3 Tahun Kepemimpinan bapak Dr. Hi. MARTEN A. TAHA, S.E., M.Ec.Dev dan bapak RYAN F. KONO, B.COM., M.AP sebagai Walikota dan Wakil Walikota Gorontalo periode 2019- 2024 yang berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan publik dalam urusan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui pengalihan SIAK Terdistribusi ke SIAK Terpusat. Proses pengalihan dilakukan Migrasi Aplikasi sejak Kamis 19 Mei 2022. SIAK terpusat menggunakan Aplikasi SIAK yang memudahkan dalam pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di wilayah Kota Gorontalo sejak Jumat 20 Mei 2022. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo YUSRIANTO KADIR, SE., M.Ec.Dev mengungkapkan bahwa selama Proses Migrasi Aplikasi SIAK berlangsung Direktorat Jenderal DUKCAPIL, melaksanakan Sharing Knowlegde dan Bimtek melalui Daring bersama Kepala Dinas, Kepala Bidang, tenaga Teknis dan Operator pada DISDUKCAPIL Provinsi Gorontalo dan Kalimantan Selatan serta Kabupaten Kota.
Yusrianto Kadir, menyebutkan pihaknya harus cepat dalam proses migrasi aplikasi SIAK ini, sehingga pelayanan administrasi kependudukan tidak terhenti. Pelayanan dilakukan secara Offline dan normal kembali pada hari Jumat, 20 Mei 2022.
SIAK terpusat merupakan sebuah sistem informasi yang disusun berdasarkan prosedur-prosedur dan memakai standarisasi khusus yang bertujuan menata sistem Administrasi Kependudukan sehingga tercapai tertib administrasi dibidang kependudukan dan pencatatan sipil dengan data base kependudukannya ada di server Ditjen Dukcapil Kemendagri.
Dengan penerapan SIAK Terpusat akan segera dilaksanakan penggunaan Identitas Digital atau Digital ID bagi Warta Kota Gorontalo dan tentunya apa kita harapkan  pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Genggaman ( Public Service In Your Palm ) akan segera terwujud di Kota Gorontalo ujar Yusrianto.


Walikota

GALERI FOTO




VIDEO



VIDEO PROFIL KOTA GORONTALO

VOTING


Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi ?Apakah Website ini bermanfaat bagi Anda