• "Sesuai dengan Permendagri Nomor 109 Tahun 2019, mulai 1 Juli 2020 seluruh dokumen kependudukan minus e-KTP dan KIA wajib dicetak dengan menggunakan kertas HVS, dan tidak boleh lagi menggunakan kertas sekuritas," ujar Zudan ketika dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (7/7/2020).

Kota Gorontalo merupakan Ibukota Provinsi Gorontalo. Kota ini memiliki luas wilayah 66,25 km² (0,55% dari luas Provinsi Gorontalo). Kota ini memiliki motto “Adat Bersendikan Syarak, Syarak Bersendikan Kitabullah” sebagai pandangan hidup masyarakat yang memadukan adat dan agama. Kota Gorontalo memiliki 50 (lima puluh) Kelurahan yang tersebar di 9 (sembilan) Kecamatan.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo berdomisili di Kota Gorontalo beralamat di Jalan Ahmad Nadjamudin, Kelurahan Wumialo, Kecamatan Kota Tengah. Dengan adanya penerapan Undang - Undang  nomor 23 tahun 1999 tentang otonomi daerah yakni memberikan kesempatan seluas - luasnya kepada daerah untuk menyelenggarakan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan di Daerah, dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo telah mencoba mengimplementasikan dalam praktek pelaksanaan tugas baik di Pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan kepada masyarakat.

Tahun 2014 merupakan tahun pertama implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kota Gorontalo tahun 2014 - 2019, yang dilaksanakan dalam kerangka mewujudkan visi Pemerintah Kota Gorontalo tahun 2014 - 2019 yaitu "Kota SMART". Rangkaian program/kegiatan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo tahun 2014 adalah bagian integral dalam mendukung pencapaian tujuan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kota Gorontalo tahun 2014 - 2019.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Gorontalo merupakan unsur pelaksana Pemerintah Daerah yang dipimpin seorang Kepala Dinas yang berkedudukan dan bertanggung jawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah Kota. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas membantu Kepala Daerah melaksanakan Urusan Pemerintahan di Bidang Administrasi Kependudukan  dan  Pencatatan Sipil yang menjadi Kewenangan Daerah Kota Gorontalo dan Tugas Pembantuan yang diberikan kepada Daerah Kota Gorontalo, berdasarkan berdasarkan Peraturan Daerah nomor 3 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kota Gorontalo


Walikota

GALERI FOTO




VIDEO



VIDEO PROFIL KOTA GORONTALO

VOTING


Menurut anda, apakah website ini sudah baik dalam penyampaian data dan informasi ?